Wednesday, April 3, 2013

Sejak mengenal komputer hampir saya tak pernah lagi pegang solder untuk 'uthak-athik' elektronika, padahal inilah kegemaran berat saya sewaktu masih SD. Namun ketika browsing dan menemukan artikel mengenai robotika dan microcontroller. Wah, semangat belajar kembali elektronika jadi bangkit, hingga akhirnya saya temukan 'Arduino'.

Apa itu Arduino?

Arduino merupakan papan-tunggal micro-controller serba guna yang bisa diprogram dan bersifat open-source. Ternyata Arduino memiliki bidang penerapan yang cukup luas/banyak. Cukup dengan uang sekitar 300 ribu rupiah anda sudah bisa mendapatkan produk ini.

Arduino Board
Bagian-Bagian Board Arduino

IDE Arduino

Arduino juga dilengkapi dengan IDE (Integrated Development Environment), yaitu software aplikasi yang menyediakan fasilitas komprehensif bagi programmer guna keperluan pengembangan. Dengan IDE Arduino, kita bisa menggunggah program serta menjalankannya didalam board Arduino. Untuk platform Windows, saat ini tersedia dua rilis, yaitu:
  1. Arduino 1.0.4
  2. Arduino 1.5.2 (alpha)
Anda tak perlu menginstalasi IDE Arduino kedalam komputer. Cukup mengekstraksi file diatas sehingga diperoleh folder Arduion 1.0.4 (atau folder Arduino 1.5.2), dan setelah itu bisa langsung digunakan. Berikut contoh tampilan IDE Arduino:

Layar Aplikasi Arduino

Simulator Arduino

Bagi yang kebetulan belum berkesempatan membeli Arduino Board, tak perlu berkecil hati karena ada Ardulab (Arduino board virtual). Jadi, anda tak perlu keluar uang dulu untuk belajar Arduino. Sayangnya interface Ardulab menggunakan bahasa Spanyol.

Alternatif lainnya bisa memakai simulator arduino. Dengan simulator ini anda bisa memuat sketch (kode program) dan menjalankannya. Berikut inteface simulator arduino:

Tampilan Simulator Arduino

Nah, mengapa tidak belajar Arduino sekarang juga?

Sumber bacaan: http://arduino.cc

1 comments:

Unknown said...

thanks

Post a Comment